Pages

(TIPS) CV Kece untuk ASN

Minggu, 04 Februari 2018

Assalamualaikum wr.wb.

Waaah, kali ini tidak seperti biasanya, aku tidak akan me-review baik film, kuliner ataupun buku. aku bakal berbagi pengalaman dan sedikit tips membuat Curriculum Vitae terutama buat PNS/ASN.

Sebagai seorang PNS/ASN, kami memiliki format khusus untuk menulis Daftar Riwayat Hidup yang ditetapkan dalam Keputusan BKN Nomor 11Tahun 2002, formatnya kurang lebih seperti ini:

Seperti inilah bentuk Format Daftar Riwayat Hidup yang biasa digunakan oleh para pegawai negeri sipil. Sisi kaku dalam bekerja di lingkungan pemerintah juga ditunjukkan dalam bentuk CV sepertinya :D, semua serba diatur. semua dilakukan berdasarkan peraturan, itulah termasuk pagar sekaligus senjata yang dimiliki oleh PNS, kita harus bangga atas ini. Meski begitu, PNS pun perlu  membuat sebuah CV yang menarik untuk hal-hal tertentu loh!, contoh untuk permohonan beasiswa. Singkat cerita, beberapa waktu lalu, saya berniat untuk melakukan permohonan beasiswa, tidak mungkin saya menggunakan CV yang ditetapkan oleh BKN, karna menurut saya sendiri terlalu panjang dan tidak menarik, hingga akhirnya saya melakukan research terhadap beberapa CV yang dibuat oleh pekerja swasta, salah satunya seperti ini:



Bisa kita lihat dan melakukan sedikit perbandingan, CV nya begitu menarik, dengan sentuhan ikon-ikon gambar untuk hobbies, perpaduan warna biru putih, tidak terlihat berlebihan dan sangat berkelas. Namun, menurut saya CV semacam ini kurang cocok untuk PNS, hingga beberapa referensi telah aku dapatkan, dan akhirnya aku menetapkan hati untuk membuat CV dengan hasil seperti ini:


Alasan memilih format seperti ini, karna menurut saya format semacam ini terlihat menarik namun tetap terlihat formal, mampu mencakup hampir semua poin-poin yang penting untuk ditampilkan dalam sebuah Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae), dan kebetulan CV ini  dibuat dalam bahasa inggris, dikarenakan memang diperuntukan untuk beasiswa luar negeri, untuk dalam bahasa Indonesia, tinggal diubah saja, dikarenakan kata-kata yang digunakan juga tidak sulit, sehingga mudah untuk dipahami dan diterjemahkan.

Disini aku bakal melampirkan contoh format CV in English yang aku buat, semoga bermanfaat ya :)


Wassalamualaikum wr.wb.

1 komentar:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS